KOLEKSI BERTOPIK PENELITIAN DI APLIKASI DIGILIB PRAJA :
Nambah Referensi Skripsi Sambil Scrolling

Ketika menulis sebuah laporan akhir atau skripsi, kita memerlukan banyak referensi untuk memperkaya pengetahuan yang membuat analisis semakin dalam. Terjadinya pandemi Covid-19 membuat pencarian referensi secara tatap muka atau luring terkendala oleh pembatasan interaksi antara pustakawan, pemustaka dan sumber koleksi berbentuk fisik. Eits! Jangan khawatir! Koleksi digital kita telah memuat banyak topik tentang penelitian, kok! Berikut koleksi dengan topik penelitian yang ada di aplikasi DIGILIB Praja :

Ketika mengambil kuantitatif sebagai metode penelitian, maka kita akan mengumpulkan data berupa angka yang akan diolah sehingga menghasilkan informasi. Informasi tersebut dapat membuktikan benar atau salahnya hipotesis yang telah kita buat di awal penelitian. Informasi yang dapat ditemukan dengan metode kuantitatif adalah rata-rata, hubungan sebab akibat, membuat prediksi dan menggenaralisasi hasil penelitian ke populasi yang lebih luas. Penelitian yang dapat menggunakan metode penelitian meliputi penelitian deskriptif, korelasional, pengaruh, eksperimental dan lainnya.

Buku berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif” ditulis oleh Adhi Kusumastuti, Ahmad Mustamil Khoiron dan Taofan Ali Achmadi  terdiri dari delapan bab yang membahas mengenai esensi penelitian kuantitatif hingga cara penulisan laporan penelitian kuantitatif. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat mendorong peneliti untuk menggunakan metode kuantitatif dalam penelitiannya.

Buku terkait penelitian kuantitatif di DIGILIB Praja : “Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi Pendekatan Kuantitati” karya V. Wiratna Sujarweni; “Metodologi Penelitian Kuantitatif : Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya” karya Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela; “Uji KHI Kuadrat & Regresi untuk Penelitian” karya Danang Sunyoto; “Statistika untuk Penelitian” karya V. Wiratna Sujarweni, Poly Endrayanto.

 

Metode penelitian kuantitatif erat hubungannya dengan statistika dalam pengolahan datanya. Data berupa angka membutuhkan ketepatan dan kecepatan dalam pengolahannya. Salah satu aplikasi untuk mengolah data statistik adalah dari Statistical Package for the Social Science atau yang lebih dikenal SPSS. Meskipun telah dipermudah dengan adanya aplikasi, penguasaan aplikasi tersebut menjadi hal penting agar dapat mengolah data dengan cepat dan tepat.

Buku berjudul “Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa Dan Tidak Suka Statistika” karya Ce Gunawan dapat menjadi pilihan untuk pedoman penggunaan aplikasi SPSS. Koleksi ini merupakan edisi kedua dari buku sebelumnya dengan bahasa yang sederhana agar lebih bersahabat dan dipraktikan untuk kalangan mahasiswa yang baru mengenal dunia penelitian.

Terdiri dari 11 bab yang membahas mengenai penerapan statistika untuk penelitian sampai cara penggunaan dan penentuan T tabel dan F tabel dengan menggunakan excel yang merupakan salah satu materi tambahan dalam buku ini. Pembahasan lainnya meliputi cara analisis deskriptif, analisis crosstabs dan chi square, uji asumsi dasar, analisis komparatif, uji validitas dan reliabilitas, uji regresi, analisis asosiatif, analisis jalur, penerapan statistika pada penelitian dan regresi dengan variabel moderasi. Pada bagian akhir buku terdapat tabel-tabel perhitungan dan pedoman statistik.

Buku terkait SPSS lainnya : “Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi (Menggunakan IBM SPSS 22 For Windows)” karya Surajiyo dan Nasruddin dan Herman Paleni;  “Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25” karya Dr. Molli Wahyuni, S.Si., M.Pd; “STATISTIKA PENELITIAN, PLUS Tutorial SPSS” karya Ricki Yuliardi, M.Pd., Zuli Nuraeni, M.Pd.; “Statistika Penelitian; Aplikasinya dengan SPSS” karya Tedi Rusman.

Penelitian kualitatif sebagai metode baru seringkali menjadi alternatif mahasiswa yang lemah atau menghindari perhitungan statistika. Penggunaan metode kualititatif memang tidak berhadapan dengan rumus dan perhitungan, namun kualitatif membutuhkan kepakaran, keahlian dan pengalaman peneliti terhadap topik pembahasannya. Menentukan ahli dalam suatu topik dan pengalaman penulis tidak mudah, oleh karena itu metode kualitatif cenderung memakan waktu yang cukup lama daripada kuantitatif.

Buku berjudul “Memahami Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Praktik)” berisi penjelasan mengenai metode kualititatif yang dikemas secara rinci dengan Bahasa yang jelas agar mahasiswa, khususnya yang sedang Menyusun skripsi, lebih memahami mengenai metode kualitatif. Terdiri dari 10 bab yang membahas mengenai sejarah metode kualitatif hingga bagian-bagian dari proposal penelitian kualitatif. Pada bagian akhir terdapat lampiran yang memuat pedoman penulisan tugas akhir penelitian kualitatif di Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY, contoh proposal penelitin kualitatif dan contoh judul untuk penelitian kualitatif.

Koleksi terkait penelitian kualitatif di DIGILIB Praja : “Panduan Praktis Penelitian Kualitatif” karya Anis Fuad, S.Sos., M.Si.,;Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si.; “Metodologi penelitian kualitatif” karya Albi Anggito, Johan Setiawan; “Metode Penelitian Kualitatif Ekonomi dan Bisnis; Studi Pembangunan, Akuntansi & Manajemen” karya  Sonny Leksono

Mahasiswa terkadang mempelajari metode penelitian hanya karena sebagai mata kuliah wajib bukan karena mengetahui manfaatnya. Buku “Dasar- Dasar Metode Penelitian; panduan riset ilmu sosial” menjelaskan metodologi penelitian dengan gambaran sederhana yang relevan dengan kehidupan mahasiswa. Contohnya meghubungkan topik mengenai cuplikan film di bioskop, iklan dan tayangan lainnya yang sedang tren dengan teori sehingga bisa dijadikan penelitian.

Buku digital ini terdiri dari 13 bab yang membahas mengenai konsep penelitian hingga cara perhitungan statistik inferensial. Judul bab dan subbab dikemas sederhana sehingga terlihat santai  juga mudah dipahami. Contohnya  Bab 10 berjudul “Wawancara : Hanya Bicara”, pembahasan mengenai salah satu teknik pengumpulan data yang terkadang terasa banyak aturan yang terikat dengan tujuan penelitian, dijelaskan bahwa wawancara hanyalah perlu untuk bicara atau berbincang dengan narasumber. Pemilihan judul untuk setiap bab mendorong pembaca untuk membaca lebih lanjut tanpa terbebani judul yang terkesan serius.

Setiap pemabahsan atau bab disertai dengan Latihan soal. Beberapa halaman akhir buku terdapat glosarium yang memuat daftar istilah metodologi dan pembahasannya. Selain itu, terdapat index yang memudahkan pembaca untuk mencari kebutuhan informasinya.

Beberapa buku dengan topik yang sama : “Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian” karya Victorianus Aries Siswanto; “Asas Metodologi Penelitian; Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian” karya Restu Kartiko Widi; “Model Penelitian Pengembangan” karya Dr. I Made Tegeh, M.Pd.,;Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.,;Drs. Ketut Pudjawan, M.Pd.; “Hermeneutik; Panduan ke Arah Desain Penelitian dan Analisis” karya Dr. Saifur Rohman, SS, M.Hum, M.Si.; “Metode Penelitian Menggunakan Smart PLS 03” karya Andreas Wijaya; “Studi Literatur dengan Bibliometrika; Sebuah Pendekatan Mendapatkan Topik Penelitian Menggunakan Pop, Mendeley, dan VOSviewer” karya Alfitman, R. Heru Kristanto, HC., SE., M. Si, Deny Edy Widodo, S.E., M.M., Dr.

Pembahasan mengenai metode penelitian terkadang difokuskan ke dalam satu keilmuan. Contohnya metode penelitian pemerintahan, metode penelitian komunikasi, metode penelitian Kesehatan dan lainnya. Untuk mahasiswa program studi Manajemen Sumber Daya Manusia dapat menjadika buku berjudul “Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi (Menggunakan IBM SPSS 22 For Windows)” karya Surajiyo; Nasruddin dan Herman Paleni sebagai salah satu sumber referensi dalam melakukan penelitian.

Buku ini terdiri dari 5 bab yang membahas mengenai sejarah, teori-teori dan variable manajemen sumber daya manusia. Pada bab terakhir terdapat contoh-contoh penelitian mengenai topik sumber daya manusia. Terdapat pembahasan pengenai penggunaan SPSS versi 22 untuk pengolahan data penelitian kuantitatif. Lampiran buku berisi contoh proses pengolahan data penelitian mulai dari didapatkan hingga menjadi sebuah menjadi sebuah kesimpulan penelitian. Buku ini banyak membahas mengenai metode kuantitatif dalam penelitian, namun metode lain juga dapat menggunakan buku ini sebagai referensi teori penelitian. Sasaran utama buku ini adalah mahasiswa bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Referensi lainnya : “Metode Penelitian Kualitatif Ekonomi dan Bisnis; Studi Pembangunan, Akuntansi & Manajemen” karya Sonny Leksono; “Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi” karya Dr. Jamaludin Ahmad, S.Sos, M.Si.; “Handbook Penelitian Komunikasi Politik” karya Lynda Lee Kaid; “Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi Pendekatan Kuantitatif” karya V. Wiratna Sujarweni; “Metodologi Penelitian Pendidikan” karya Dr. Neni Hasnunidah, S.Pd., M.Si.

Terdapat lebih banyak lagi koleksi di DIGILIB Praja sebagai alternatif jika kamu kehabisan stok pinjaman koleksi yang dituju. Selain koleksi di DIGILIB Praja, kalian juga bisa mengakses e-journal dan repository milik IPDN untuk mencari referensi dan contoh penelitian. Cek http://ejournal.ipdn.ac.id dan http://eprints.ipdn.ac.id. Salam literasi! 👆