APRESIASI PEMENANG LOMBA
KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL FISCOM 2021

(Jatinangor, 02/02/2022) DEMA Fisip UIN Sunan Gunung Djati telah mengumumkan pemenang Lomba Karya Tulis Nasional FISCOM. Pengumuman tersebut terdapat dalam Surat Keputusan Nomor 018/SK/PAN-FISCOM2021/DEMA FISIP/I/2022. Dua tim perwakilan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dari satuan Praja Utama dan Madya Praja berhasil menjadi pemenang lomba tersebut.

Tim Praja Utama beranggotakan Mila Dewanti (Fakultas Politik Pemerintahan), Tiara Navy Argawidyanti (Fakultas Politik Pemerintahan) dan Ivan Renaldi Sudarso (Fakultas Politik Pemerintahan) berhasil meraih Juara I. Karya tulis tersebut mengangkat judul “Menakar Afirmasi Media Terhadap Kelompok Marginal : Analisis Pemberitaan Masyarakat Adat di Indonesia”. Tim Praja Utama mendapat nilai akhir presentasi sebesar 246,6, total nilai video sebesar 169 dan nilai karya 83. Hasil Turnitin menunjukan bahwa hanya terdapat 15% similarity dalam karya tersebut.
Tim Madya Praja meraih Juara Harapan II dengan judul “Demokrasi Lapo Tuak: Strategi Ofensif Pemenangan Kepala Desa Pardinggaran di Era Digital”. Tim tersebut beranggotakan Wira Abdillah Bintang (Fakultas Perlindungan Masyarakat), Nabila Putri Az-Zahra (Fakultas Politik Pemerintahan) dan Ufahirah Pramelya P (Fakultas Politik Pemerintahan). Penilaian video berada di peringkat 5 dengan total skor 159, sementara karya tulis mendapatkan nilai sebesar 80 dan berada di peringkat 4. Uji similarity berada dalam angka 13%.
UIN Sunan Gunung Djati melaksanakan kegiatan lomba terhitung dari 23 November 2021 dengan jadwal Pendaftaran dan berakhir tanggal 15 Januari dengan kegiatan pengumuman pemenang lomba. Perlombaan karya tulis ini mengangkat tema “Aktualisasi Peran dan Tanggung Jawab Millenial Menuju Indonesia Emas 2045”.

Unit Perpustakaan IPDN menyampaikan selamat dan apresiasi untuk pencapaian perwakilan Praja dalam Perlombaan Karya Tulis Ilmiah Nasional. Semoga dengan pencapaian ini memberi kesempatan peserta lomba untuk terus mengembangkan komptensi. Salam literasi! 👆