PELATIHAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA SECARA DIGITAL DAN PENYUSUNAN DUPAK 2021


(Jatinangor, 06 November 2021) Unit Perpustakaan mengadakan acara pelatihan dengan topik “Pengolahan Bahan Pustaka Secara Digital dan Penyusunan DUPAK 2021 Bagi Pustakawan dan Tenaga Teknis Perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri”. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari yaitu 04- 05 November 2021. Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Hyronimus Rowa, M.Si.

Kegiatan dilaksanakan secara daring via aplikasi Google Meet. Unit Perpustakaan bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Barat dalam menyelenggarakan acara ini. Hari pertama pelatihan dibagi menjadi dua sesi dengan moderator Dr. Hj. Oom Nurrohmah. Sesi I membahas “Pengolahan Bahan Perpustakaan Berbasis Digital” dengan narasumber Dra. Siti Herta Anggia. Sesi II membahas “Entri Katalog pada Aplikasi Inlislite, Aplikasi Berbasis Indomarc” dengan narasumber Sani Kurnia, S.Ipust.

Pelatihan hari kedua dibagi menjadi dua sesi dengan moderator Drs. H. Suripto, M.Si. Sesi I membahas mengenai “Materi Tata Cara Penyusunan DUPAK dan Penghitungan Angka Kredit” dengan narasumber Dra. Siti Djuwariyah, MM. Sesi kedua dibahas oleh Tuti Juliati, M.MPd dengan materi “Cara Penyusunan DUPAK”. Acara ditutup oleh Kepala Biro I Akademik dan Perencanaan, Agus Toyib, S.Sos, M.Si.
Adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan Pustakawan IPDN mampu melakukan pelayanan prima dan beradaptasi dengan teknologi informasi, sehingga dapat memengengambangkan perpustakaan berbasis digital. Selain itu, adanya pelatihan tentang penyusunan DUPAK juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penghitungan angka kredit, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara nyata sesuai jabatan.