18 Mei : Hari Museum Internasional

Hari Museum Internasional atau dalam Bahasa Inggris International Museum Day (IMD) diperingati setiap tanggal 18 Mei sejak ditetapkan oleh Dewan Museum Internasional atau International Council of Museum (ICOM) pada tahun 1977. Sejak tahun 2001 diselenggarakan perayaan IMD di setiap pertengahan Mei setiap tahun. IMD dirayakan dengan tujuan meningkatkan kesadaraan masyarakat terhadap museum atas kontribusi dalam perkembangan masyarakat. 

Setiap tahun ICOM memiliki tema untuk merayakan IMD. Tahun 2021 perayaan bertema  The Future of Museums: Recover and Reimagine berhasil menarik partisipan dari seluruh dunia yaitu kurang lebih 37.000 museum di 158 negara meramaikan perayaan ini. Tahun ini ICOM mengangkat tema “The Power of Museums” dan bekerja sama dengan Wikipedia. Kerjasama tersebut bertujuan untuk melakukan kampanye pembaharuan informasi mengenai museum di Wikipedia. Kampanye dilaksanakan pada 4-18 May 2022.

Tahun ini ICOM mengeksplorasi potensi museum dengan membawa perubahan positif melalui tiga lensa : 

  • The power of achieving sustainability.

Museum merupakan aktor utama komunitas lokal dalam  pengembangan jangka pendek, sosial ekonomi dan penyebaran informasi mengenai tantangan lingkungan saat ini. Museum sebagai mitra dalam mengimplementasikan Sustainable Development Goals of the United Nations.

  • The power of innovating on digitalisation and accessibility.

Adanya inovasi digital membuat museum lebih menarik dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat. Audiens dapat tetap memahami konsep yang kompleks dan merasakan nuansa yang dibangun pihak museum. Pengembangan teknologi baru dapat menjadikan museum sebagai tempat rekreasi yang inovatif. 

  • The power of community building through education.

Museum dapat membangan masyarakat yang memiliki informasi dan solid dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi dan memiliki kesempatan belajar seumur hidup Hal tersebut dapat diciptakan melalui koleksi dan programnya. 

Adanya perubahan positif tiga lensa ini semoga museum di seluruh dunia dapat mengembangkan The Power of Museum  dalam berinovasi untuk membangun masyarakat yang terpenuhi kebutuhan informasinya.  Salam literasi!