26 APRIL : WORLD INTELLECTUAL PROPERTY DAY

Tanggal 26 April merupakan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia. Peringatan ini diselenggarakan oleh organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) bernama World Intellectual Property Organization (WIPO). Melalui  Hari Kekayaan Intelektual Sedunia diharapkan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kekayaan intelektual atau intellectual property (IP) sehingga memotivasi perkembangan inovasi dan kreatifitas. 

Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) merupakan hak bagi pemilik ide untuk mengambil keuntungan secara ekonomis dari sebuah produk atau proses yang berguna bagi masyarakat. Secara sederhana HaKI terbagi dua jenis yaitu Hak Cipta (Copyrights) dan Hak Kekayaan Industri (Industrial Property Rights atau IPR). Hak Cipta diberikan kepada pencipta dan pengarang suatu karya seni, sedangkan IPR diberikan kepada produk atau proses yang dirancang sebuah bisnis. IPR mencakup beberapa jenis seperti Hak Paten, Desain Industri, Merek/Trademark, Indikasi Geografis/Geographical Indication, Rahasia Dagang dan Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Generasi muda memiliki potensi yang besar untuk menemukan solusi baru dan lebih baik dalam mendukung perkembangan berkelanjutan di masa depan. Mereka dapat mengikuti kompetisi mengenai inovasi secara global didukung dengan kreativitas, kecerdasan, energi serta keingintahuannya. 

Tahun ini Hari Kekayaan Intelektual Sedunia mengusung tema “IP and Youth: Innovating for a Better Future” dan merayakan kepemimpinan generasi muda dalam berinovasi dan berkreativitas. Kampanye ini membuka kesempatan generasi muda untuk memahami bagaimana cara kekayaan intelektual dapat mendukung cita-cita, mewujudkan ide, memiliki pendapatan dan membuka lowongan kerja. Terdapat informasi lebih banyak mengenai Hari Kekayaan Intelektual Sedunia dalam tautan : www.wipo.int

Selamat memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia! Semoga kita dapat berkontribusi dalam perkembangan inovasi dan kreatifitas serta semakin menghargai kekayaan intelektual seseorang. Salam literasi!