PENYIANGAN KOLEKSI DI LAYANAN SIRKULASI

(Jatinangor, 28 Januari 2022) Pustakawan Perpustakaan IPDN Jatinangor melaksanakan kegiatan weeding atau penyiangan koleksi berupa text book pada Layanan Sirkulasi. Penyiangan koleksi adalah upaya menarik sejumlah koleksi untuk ditukar dengan koleksi lain untuk dilayanakan. Penarikan koleksi mempertimbangkan jumlah eksemplar yang dilayankan berjumlah banyak, koleksi memiliki terbita terbaru atau edisi revisi dan koleksi termasuk ke dalam terbitan yang dilarang (Lasa, 2005).

Alasan Perpustakaan IPDN Jatinangor melakukan kegiatan penyiangan adalah karena rak pelayanan yang sudah penuh sehingga tidak ada tempat untuk melayankan koleksi baru. Selain itu, berdasarkan hasil diskusi, terdapat koleksi yang dilayankan memiliki terlalu banyak eksemplar. Koleksi yang memiliki terlalu banyak eksemplar akan dikurangi jumlahnya dengan mempertimbangkan penggunaan koleksi selama ini. Koleksi yang sering digunakan atau dipinjam akan ditarik lebih sedikit daripada yang jarang digunakan.

Koleksi yang ditarik akan digantikan oleh koleksi baru hasil hibah dari Perpustakaan Nasional RI dan Bagian Akademik IPDN. Hingga saat ini, terdapat sekitar 7000 dari 10.000 buku yang telah diolah dan siap dilayankan. Koleksi baru akan segera dilayankan agar informasi yang terkandung dalam koleksi segera sampai dan dapat digunakan oleh pemustaka.
Kegiatan penyiangan diperkirakan akan berlanjut selama seminggu ke depan. Maaf apabila kegiatan kalian di Perpustakaan IPDN Jatinangor terganggu dan tunggu koleksi baru yang akan dilayankan ya! Salam literasi! 👆