Berita Terkini


Bedah Buku Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Das Sollen Pelayanan Publik (Telaah Konflik Kewenangan)

posted Oct 29, 2014, 9:47 PM by Welly Sanjaya   [ updated Oct 30, 2014, 12:26 AM ]

Dalam rangka mendukung perkuliahan dan menambah wawasan civitas akademika IPDN, Unit Perpustakaan IPDN Kampus Jatinangor bekerja sama dengan IPDN Press menyelenggarakan kegiatan bedah buku karya Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si dan Dr. Alwi, M.Si yang berjudul “Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi Publik” Dan yang kedua buku karya Dr. H. Dahyar Daraba, M.Si “Das Solen Pelayanan Publik (Telaah Konflik Kewenangan)”. Acara yang diselenggarakan pada Tanggal 11 September 2014 bertempat di ruang Graha Wyata IPDN ini menghadirkan narasumber yaitu para penulis buku, selain itu panitia juga mengundang pembedah dari berbagai instasi dan daerah. Acara bedah buku ini juga diikuti oleh seluruh kampus daerah IPDN: Cilandak Jakarta, Bukittinggi, Pekanbaru, Makassar, Manado, Pontianak, Mataram dan Jayapura melalui fasilitas video conference.

Acara bedah buku ini dibuka langsung oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik IPDN Bapak Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa acara bedah buku ini merupakan kegiatan keilmuan/ilmiah yang lazim diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Untuk tahun anggaran 2014 ini, IPDN Press telah berhasil mencetak dua buku yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia dan pelayanan publik. Pada kegiatan ini, kedua buku tersebut akan dibedah. Ke depannya, diharapkan akan lebih banyak lagi buku yang dicetak oleh IPDN Press dan bisa dibedah dalam kegiatan serupa. 

Setelah pembukaan oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik IPDN, acara dilanjutkan pada sesi pertama bedah buku yaitu buku “Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi Publik” Pada sesi tersebut panita memberikan kesempatan kepada narasumber yaitu penulis buku untuk memaparkan isi bukunya secara global, yang dilanjutkan dengan pembahanan yang disampaikan langsung oleh para pembedah, pada buku ini panitia menghadirkan enam pembedah diantaranya: Prof. Mukhlis Hamdi, Ph.D, Dr. Suranto, MA, Drs. H. Untung Subagyo, MPA, Dr. Faria Ruhana, SP. MP, Dr. Kemal Bakri, M.Si, dan Dr. Ir. Alexander J. Wowor, M.Si yang dimoderatori oleh Dr. Ika Sartika, MT. Pada Sesi kedua buku “Das Solen Pelayanan Publik (Telaah Konflik Kewenangan)” tidak jauh berbeda dengan sesi pertama, panitia memberikan kesempatan kepada narasumber untuk memaparkan isi bukunya dan dilanjutkan dengan pemaparan para pembedah diantaranya: Septiana Dwiputrianti, Ph.D, Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH, M.Si, Dr. Dolf Eduard Mitteboga, SE, MM, Dr. H. Abdul Malik, MM, Drs. Cahyo Suprayoga, M.Si, Dr. Prio Teguh, SH, M.Si. yang dimoderatori oleh Dr. Muhadam Labolo, M.Si

Bedah buku ini sangat menarik karena suasanaya sangat interaktif, diskusi yang sangat hangatpun tercipta ketika banyak sekali pertanyaan serta komentar baik dari para pembedah maupun partisipan baik yang hadir secara langsung maupun yang ada diseluruh kampus daerah yang mengikuti kegiatan melalui video conference. Harapan panitia semoga dengan diselenggarakannya acara bedah buku ini dapat meningkatkan minat baca khususnya seluruh civitas akademika IPDN, dan umumnya kepada lingkungan pendidikan dan pemerintahan yang ikut serta berpartisipasi di acara ini, selain itu panitia juga berharap dengan acara ini budaya ilmiah yang subur di bumi IPDN semakin terbentuk nyata.

Sosialisasi dan Pemasaran Layanan Perpustakaan Bagi Dosen IPDN Kampus Jatinangor dan Kampus Daerah

posted Oct 28, 2014, 7:35 PM by Welly Sanjaya

Perpustakaan merupakan jantung bagi sebuah lembaga pendidikan, mengikuti perkembangan jaman saat ini tugas perpustakaan bukan hanya mengolah, memasarkan, dan melindungi bahan pustaka melainkan ikut serta didalam pengawasan proses terlahirnya sebuah karya ilmiah yang baik. Perkembangan teknologi dan globalisasi informasi bagaikan dua mata pisau yang bisa menguntungkan dan juga merugikan bagi lingkungan pendidikan, di mana pada saat ini informasi yang baik ataupun buruk sudah tersebar luas di dunia maya, plagiarisme bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, tentunya hal ini  akan berdampak pada kualitas dan originalitas sebuah karya ilmiah yang ditulis di sebuah lingkungan pendidikan. Penggunaan layanan aplikasi yang tepat tentunya bisa menjadi solusi yang baik bagi perpustakaan itu sendiri, dosen, dan juga mahasiswa disebuah lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, pada Hari Rabu 20 Agustus 2014 bertempat di Ruang Grha Wyata Praja, perpustakaan IPDN Jatinangor telah mengadakan kegiatan “Sosialisasi dan Pemasaran Layanan Perpustakaan Bagi Dosen Fungsional Kampus Jatinangor dan Kampus Daerah”. Acara ini diikuti langsung oleh seluruh dosen fungsional dan pustakawan IPDN kampus Jatinangor, serta dosen fungsional dan pustakawan IPDN Kampus daerah (Cilandak, Bukittinggi, Pekanbaru, Makassar, Manado, Pontianak, Mataram dan Jayapura) melalui video conference di kampus masing-masing.

Kegiatan dibuka langsung oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik IPDN Bapak Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. beliau menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan acara sosialisasi layanan perpustakaan yang mana telah terjadi perubahan paradigma dalam pelayanan perpustakaan, yang dulu mengharuskan pemustaka hadir secara fisik di perpustakaan, saat ini akses ke layanan perpustakaan bisa dilakukan melalui dunia maya. Fokus kegiatan ini yaitu pada layanan perpustakaan yang menyangkut plagiarisme, dimana saat ini plagiarisme menjadi hal yang harus dihindari dalam pembuatan karya ilmiah praja IPDN. Salah satu cara untuk menghindari plagiarisme adalah dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada praja untuk penulisan LA/Skripsi. Penulisan karya ilmiah tersebut juga perlu dicermati oleh para dosen pembimbing karena ketika terjadi plagiarisme, maka dosen pembimbing juga akan tersangkut masalah tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan diberikan juga pelatihan penggunaan aplikasi plagiarisme. Harapan beliau semoga para peserta kegiatan ini bisa mengikuti kegiatan secara serius, Setelah kegiatan ini diharapkan ada perubahan nyata dalam proses pembuatan karya ilmiah praja yang menjadi lebih baik lagi.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari fungsional dosen yang juga Kepala Unit Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Ibu DR. Etin Indrayani, MT yang bertajuk “Plagiarisme dan Metode Antisipasinya”. Pada paparannya beliau menyampaikan plagiarisme merupakan kegiatan mengambil ide, karangan, kata-kata, pendapat orang lain dan menjadikannya seolah-olah kata-kata kita sendiri tanpa mencantumkan sumbernya. Plagiarisme bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Istilah lain untuk plagiarisme adalah cheating, stealing, passing off, collusion. Ruang lingkup plagiarisme: kutipan langsung tanpa mencantumkan sumbernya, menggunakan gagasan atau pandangan/teori orang lain tanpa memberikan data sumbernya, menggunakan data/fakta orang lain tanpa mencantumkan sumbernya, melakukan parafrase tanpa mencantumkan sumbernya, mempublikasikan karya orang lain sebagai karya sendiri. Tipe plagiarisme secara umum dibagi menjadi 2 yaitu: intentional (secara disengaja) dan unintentional (tidak disengaja). Di kalangan mahasiswa, plagiarisme yang sering terjadi adalah pada pembuatan tugas individu, pembuatan tugas kelompok, pembuatan LA dan Skripsi. Selain itu, beliau memaparkan kegiatan-kegiatan yang dapat dikategorikan plagiarisme yang diambil dari pedoman penulisan karya ilmiah di Northen Michigan University meliputi:
•    Buying, stealing, or borrowing a paper
•    Hiring someone to write your paper
•    Using a source too closely when paraphrasing
•    Building on someone’s ideas without citation
•    Copying directly from another source without citation (on purpose or by accident)
(http://www.nmu.edu/writingcenter/node/69)

Antisipasi yang dapat dilakukan untuk menghindari plagiarisme yaitu dengan mulai memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai tata cara penulisan ilmiah (dalam hal penulisan kutipan, sitasi, parafrase) serta sebagai dosen harus mulai membiasakan mencermati tulisan mahasiswa.

Setelah pemaparan mengenai plagiarisme, Kegiatan dilanjutkan dengan praktik penggunaan aplikasi antiplagiarisme Turnitin, e-jurnal dari proques, dan e-book dari ebsco yang dipandu langsung oleh masing-masing ahli dari provider penyedia layanan tersebut. Seluruh peserta kegiatan dilatih dan didampingi untuk menggunakan aplikasi yang telah dilanggan oleh perpustakaan IPDN Jatinangor yang dapat membantu mereka didalam kegiatan mengajar sehari-hari.





Kegiatan Digitalisasi dan Katalogisasi Laporan Akhir, Skripsi Serta Hasil Penelitian Dosen Di Unit Perpustakaan IPDN Jatinangor

posted Oct 23, 2014, 7:48 PM by Welly Sanjaya   [ updated Oct 23, 2014, 8:05 PM ]

Perpustakaan merupakan sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Sedangkan digitalisasi merupakan proses alih media dari cetak atau analog ke dalam media digital atau elektronik melalui proses scanning, digital photograph atau teknik lainnya. Perpustakaan IPDN Jatinangor saat ini sedang gencar-gencarnya menerapkan perkembangan layanan serta koleksi perpustakaan berbasis teknologi informasi, diantaranya repository, digilib dll. Tetapi pada implementasi tentunya banyak hal yang perlu disiapkan diantaranya kemampuan staff dan peralatan dalam melakukan manajemen koleksi digital, kesiapan tim seleksi untuk memilih karya ilmiah yang baik dan tidak plagiat, serta pengawasan dosen didalam proses terciptanya karya ilmiah.

Sehubungan dengan pengembangan tersebut pada Hari Senin 21 s.d. 23 Juli 2014 bertempat di Perpustakaan IPDN Jatinangor dan Cilandak, Perpustakaan IPDN Jatinangor mengadakan kegiatan yang bertajuk “Digitalisasi dan Katalogisasi Laporan Akhir, Skripsi Serta Hasil Penelitian Dosen Di Unit Perpustakaan IPDN Jatinangor” sebagai tindak lanjut dari pengembangan repository di lingkungan IPDN. Acara ini diikuti oleh seluruh staf Perpustakaan IPDN Jatinangor, Perpustakaan fakultas, Perpustakaan Kampus Cilandak, para kepala unit serta perwakilan fungsional dosen yang akan menjadi tim penyeleksi karya ilmiah di lingkungan IPDN. Pada kegiatan ini panitia mengundang narasumber dari berbagai lembaga diantaranya Bapak Drs. Cepy Syafrudin A. Jabar, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta), Ibu Dra. Rd. Leni Fatimah, M.Si (Kepala Perpustakaan Planologi ITB), Bapak Dikdik Suhendi, S.Sos (Pustakawan ITB).

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si yang sekaligus memberikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa Kegiatan digitalisasi ini merupakan tuntutan dari perundang-undangan yang berlaku, Bahwa semua karya ilmiah baik diploma 4, s1, s2, s3, harus dapat diunggah dan dibaca pihak lain dengan melakukan beberapa langkah sampai layak diunggah. Kegiatan ini sangat penting, maka siapapun yang ditunjuk sebagai penyeleksinya dia harus memahami betul tentang kaidah-kaidah karya ilmiah, sehingga akan terdapat seleksi terhadap karya ilmiah praja sampai layak untuk di unggah dan di baca pihak lain. 4 hal yang terdapat dalam karya ilmiah yaitu 1. Masalah 2. Teori 3. Analisis 4.argumentasi itu merupakan unsur dari karya ilmiah. Penyeleksian ini pun dapat bekerja dalam rangka memperbaiki karya ilmiahnnya, Karya ilmiah yang diunggah ini tidak hanya abstraknya saja melainkan harus sampai full teks dan jangan sampai ada plagiat, maka semua itu harus dicegah melalui seleksi. 

Setelah pembukaan sekaligus sambutan dari Pembantu Rektor I Bidang Akademik IPDN, acara dialanjutkan dengan sesi pemaparan yang disampaikan oleh Bapak Drs. Cepy Syafrudin A. Jabar, M. Pd. dengan tema “Menuju Pengembangan Repository”. Pada paparannya beliau Menyampaikan kegunaan dari repository yaitu tempat arsip digital produk intelektual civitas akademika. Dan fungsinya perpustakaan ini sebgai Pengelola dan penyebar materi digital yang bisa diakses oleh dalam dan luar kelembagaan IPDN. Beliau juga menyampaikan mengenai beberapa materi yang simpaikan diantaranya perlunya repository yaitu untuk mengumpulkan semua konten/produk karya ilmiah yang dihasilkan IPDN, Menyediakan akses terbuka untuk hasil penelitian kelembagaan, Menciptakan dan merealisasikan visibilitas global penelitian ilmiah IPDN, Penyelamatan, penyimpanan, dan pelestarian aset digital yang dimiliki, Penyimpanan dan melestarikan aset digital lainnya agar tidak mudah hilang. Selanjutnya materi mengenai  manfaat repository, pertimbangan dari repository, sumber pasokan repository, permasalahan perpustakaan digital, langkah strategis, pengamanan data dan unggah mandiri

Acara di lanjutkan dengan pemaparan kedua yang disampaikan oleh Bapak Dikdik Suhendi, S.Sos yang bertajuk “Memberdayakan repository Institusi” Beliau menyampaikan mengenai teori repository yang berasal dari berbagai sumber. Teori-teori tersebut menjelaskan tentang pengertian repository, grey lierature, fungsi repository, jenis-jenis dokumen grey lierature, proses digitalisasi dokumen, aplikasi user sampai upload file.

Setelah pemaparan dari Bapak Dikdik Suhendi, S.Sos, acara dilanjutkan pada pemaparan sesi ketiga yang disampaikan oleh Ibu Dra. Rd. Leni Fatimah, M.Si mengenai penjelasan lanjutan proses mengupload bahan pustaka ke repository. Beliau memberikan tips agar tidak terjadi plagiat pada karya ilmiah di harapkan para pembimbimng terlebih dahulu memeriksa di internet bahwa judul tersebut telah digunakan atau belum, lalu belua pun memaparkan cara membuat jurnal dan menguploadnya secara mandiri agar menjadi praktis. Setelah sesi pemaparan dan diskusi selesai, kegiatan seleksi karya ilmiah dilanjutkan di kampus IPDN Cilandak, adapun susunan prodi dan tim seleksi adalah sebagai berikut:

PRODI

TIM SELEKSI

MANAJEMEN PEMERINTAHAN

KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

1.      Dr.Ir. Hj.ETIN INDRAYANI, MT

2.      Dra. SUSTIATI, M.Si

BILINGUAL

 1.    Dr.Hj. RINI DEWI ANGGRAENI, M.Pd

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA APARATUR

1.    Dr. Hj. FARIA RUHANA, SP,MP

2.    Dra. H.SUSILAWATI, M.Pd

MANAJEMEN KEUANGAN 

KEUANGAN DAERAH

1.    Ir. Hj. DEDEH MARYANI, MM

      2.  ANINDITA PRIMASTUTI, SE, ME

KEBIJAKAN PEMERINTAHAN

POLITIK PEMERINTAHAN

1.     Dra. WANGSIH, M.Pd

2.    JONA BUNGARAN BASUKI S.,S.STP,M.Si

 

 





Pelatihan Lanjutan Pengolahan Bahan Pustaka Bagi Tenaga Teknis Perpustakaan IPDN Kampus Pusat dan Daerah

posted Jun 19, 2014, 7:24 PM by Welly Sanjaya

Perpustakaan merupakan jantung bagi kehidupan akademik Perguruan Tinggi, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkaian kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan dapat ditemukan kembali secara efisien. Perpustakaan IPDN saat ini sedang gencar-gencarnya menerapkan perkembangan pengolahan, layanan, serta koleksi perpustakaan baik fisik maupun elektronik, mengikuti tanggung jawab perpustakaan pusat yang bertambah dikarenakan Perpustakaan Fakultas dan kampus daerah (Kampus Cilandak, Bukitinggi, NTB, Manado, Pekanbaru, Makasar, Papua, Kalbar). Tentunya Pada implementasi tupoksi banyak hal yang perlu disiapkan diantaranya kemampuan pustakawan atau staff dalam mengolah buku dan koleksi digital, efektifitas aplikasi E-Library, kerjasama tim yang saling berkesinambungan antara perpustakaan pusat dan daerah, serta masukan-masukan dari perpustakaan dan ahli-ahli yang sudah berpengalaman.

Sehubungan dengan pengembangan tersebut, pada Hari Senin s.d Selasa Tanggal 12 s.d 13 Mei 2014, Perpustakaan IPDN Jatinangor mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Lanjutan Pengolahan Bahan Pustaka Bagi Tenaga Teknis Perpustakaan IPDN Kampus Pusat dan Daerah” sebagai tindak lanjut pengembangan  e-library di Kampus IPDN. Acara ini diikuti oleh seluruh staf dan Pimpinan Perpustakaan IPDN Kampus Daerah (Cilandak, Bukitinggi, NTB, Manado, Pekanbaru, Makasar, Papua, Kalbar), Perpustakaan fakultas dan perwakilan dari mahasiswa Fikom UNPAD. Pada kegiatan pelatihan ini panitia mengundang narasumber dari berbagai lembaga diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia, Perpustakaan ITB, Perpustakaan Nasional serta para vendor aplikasi dan koleksi digital yang dilanggan oleh IPDN.

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si yang sekaligus memberikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini sangat penting sebagai upaya pengembangan perpustakaan khususnya di IPDN, mengingat peran penting perpustakaan di perguruan tinggi, perpustakaan haruslah memudahkan para pemustakanya dalam mengakses koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan. Beliau juga menyampaikan kedepannya perpustakaan IPDN Jatinangor akan dikembangkan secara fisik mulai Tahun Anggaran 2015. Sebelum realisasi pembangunan tersebut, maka perlu dikembangkan terlebih dahulu SDM perpustakaannya. Oleh karena itu, acara ini dipandang penting untuk diselenggarakan.

Setelah pembukaan sekaligus sambutan dari Pembantu Rektor I Bidang Akademik IPDN, acara dialnjutkan dengan penyerahan pelakat yang disampaikan langsung oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik kepada narasumber, diikuti dengan penyerahan penghargaan dan hadiah kepada Perpustakaan IPDN kampus daerah yang telah menginput data base buku cetak terbaik ke dalam katalog e-Library Tahun 2014 sesuai prestasi dan urutan sebagai berikut:

1.    Juara Pertama, Perpustakaan IPDN Kampus Sumatra Barat
2.    Juara Kedua,  Perpustakaan IPDN Kampus Sulawesi Selatan
3.    Juara Ketiga, Perpustakaan IPDN Kampus Kalimantan Barat
4.    Juara Keempat, Perpustakaan IPDN Kampus Riau
5.    Juara Kelima, Perpustakaan IPDN Kampus Papua
6.    Juara Keenam, Perpustakaan IPDN Kampus NTB
7.    Juara Ketujuh, Perpustakaan IPDN Kampus Sulawesi Utara

Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Susanti Agustina, S.Sos, M.I.Kom dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan tema Motivasi Berbasis Terapi Qisah untuk Pembinaan Karakter Pustakawan Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Bagi Pemustaka. ada paparannya beliau menyampaikan motivasi-motivasi yang harus dimiliki tenaga teknis perpustakaan. Menjadi tenaga teknis perpustakaan harus mempunyai personaliti yang baik, kompetensi yaitu menyelesaikan pekerjaan berdasarkan atribusi diri dan harus mampu berkomunikasi secara efektif. Paparan kedua disampaikan oleh Ibu Dra. Lenny Fatimah, M.Si dari Institut Teknologi Bandung yang memberikan paparan yang bertajuk Pengolahan Bahan Pustaka, beliau menjelaskan kepada peserta dimana pada proses pengolahan bahan pustaka dibagi kedalam empat bagian yaitu: inventarisasi (pemeriksaan bahan pustaka, pengelompokkan berdasarkan bidang/judul, pengecapan minimal 3, pencatatan ke buku induk); klasifikasi berdasarkan DDC; katalogisasi; dan shelving (berdasarkan jenis dan sandi pustaka).

Pemaparan ketiga yang dilaksanakan pada hari kedua kegiatan disampaikan oleh Ibu Lilies Fardhiyah, S.Sos., MP dari Perpustakaan Nasional yang memberikan penjelasan lanjutan mengenai pengolahan bahan pustaka serta praktik klasifikasi DDC bahan pustaka, dimana seluruh peserta bisa mengerti dan langsung mengaplikasikan materi. Acara kemudian dilanjutkan dengan praktik penggunaan aplikasi antiplagiarisme dan koleksi digital yang telah dilanggan oleh perpustakaan IPDN, dikesempatan kali ini peserta dipandu langsung oleh para ahli dari vendor-vendor penyedia layanan aplikasi dan koleksi digital Perpustakaan IPDN diantaranya: Turnitin, EBSCO dan Proquest. Acara ditutup pada tanggal 13 Mei 2014 pukul 15.10 WIB oleh Kepala Unit Perpustakaan IPDN Jatinangor Dra. Gatiningsih, MT, beliau menyampaikan semoga kegiatan ini dapat memberi tambahan pengetahuan dan diterapkan dalam mengolah bahan pustaka di perpustakaan kampus pusat dan daerah sehingga praja dan civitas akademik IPDN dapat memperoleh pelayanan yang sama dalam mengakses bahan pustaka.





Benchmarking & Short Course Perpustakaan IPDN ke Perpustakaan Universitas Gadjahmada dan Universitas Negeri Yogyakarta

posted Dec 23, 2013, 8:32 PM by Welly Sanjaya   [ updated Dec 23, 2013, 8:46 PM ]

Dalam rangka mendukung pengembangan repository dan e-Library di IPDN serta pemanfaatan koleksi digital yang terintegrasi antara Kampus Pusat (Jatinangor dan Cilandak) serta Kampus di Daerah : Bukittinggi, Pekanbaru, Makassar, Manado, Pontianak, Mataram dan Jayapura. Perpustakaan IPDN membutuhkan model pengelolaan Repository dan e-Library yang efektif. Oleh karena itu pada hari Kamis, Jum’at dan Sabtu tanggal 12 sd. 14 Desember 2013 Perpustakaan IPDN Cilandak bekerja sama dengan Perpustakaan IPDN Jatinangor dan Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Barat melaksanakan kunjungan ke kampus Universitas Gadjahmada dan Universitas Negeri Yogyakar. Maksud dan tujuan kunjungan Tim IPDN ke UGM dan UNY secara umum adalah untuk mempelajari model pengelolaan repository dan e-Library yang diterapkan di Kampus UGM dan UNY. hal tersebut dikarenakan perpustakaan UGM dan UNDIP adalah perpustakaan institusi yang sudah mengembangkan e-Library dan library repository.

Pada kesempatan kali ini Tim IPDN yang terdiri dari: Perpustakaan Cilandak, Perpustakaan Jatinangor, Perpustakaan IPDN daerah, Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi IPDN serta para calon pustakawan yang sedang mengikuti diklat didampingi langsung oleh Bapak Wakil Rektor IPDN Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS. Pada pembukaannya beliau menyampaikan rasa terimakasihnya atas kesediaan dan sambutan yang hangat dari pihak UGM dan UNY. Beliau juga menyampaikan pada saat ini IPDN sudah memiliki tujuh kampus daerah diantaranya: Riau, Bukitinggi, Mataram, Pontianak, Manado, Makasar, Papua, dan pada tahun 2014 akan bertambah tiga kampus diantaranya: Malang, Kalimantan Selatan dan Aceh yang masing-masing kampus tersebut memiliki Perpustakaan sendiri dan belum memiliki fungsional pustakawan yang cukup, seperti kita tau bahwa kualitas perguruan tinggi dinilai dari kualitas perpustakaannya, dan pustakawan adalah ujung tombak dari kesuksesan sebuah perpustakaan. Oleh karena itu Bapak Wakil rektor IPDN sangat bersemangat untuk mendampingi Tim IPDN dan para calon pustakawan IPDN untk menimba ilmu bersama di Yogyakarta.

Agenda pertama Benchmarking dan Short Course Perpustakaan IPDN adalah berkunjung ke perpustakaan UGM, Dengan diikuti sebanyak 45 orang dari Tim IPDN diterima oleh Kepala Perpustakaan UGM Ibu Dra. Nawang Purwanti, M.Lib. yang bersedia hadir dan menyambut Tim IPDN dengan hangat. Acara ini dipandu langsung oleh Ketua Forum Pustakawan UGM Lilik K. Uswah, SE., M.Si yang berlangsung cukup santai, diakhiri dengan penyerahan kenang–kenangan baik dari pihak UGM maupun IPDN. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Kabid Data Base dan Jaringan Perpustakaan UGM Bapak Arif Surachman, S.I.P., M.B.A. yang bertajuk Pengembangan Repository Institusi dan yang kedua disampaikan oleh staff Data Base dan Jaringan Perpustakaan UGM Bapak Ide Yunianto yang bertajuk Webometric. Setelah pemaparan selanjutnya dilakukan library visiting yang didampingi beberapa staf Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Agenda kedua Tim Perpustakaan IPDN berkunjung ke Perpustakaan Universitas UNY, rombongan diterima Kepala Perpustakaan UNY Bapak Sukarjono, S.Sos pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan IPDN, dimana semua pihak baik IPDN maupun UNY bisa belajar bersama tentang pengelolaan perpustakaan di sebuah institusi. Pembukaan diakhiri dengan penyerahan kenang–kenangan baik dari pihak UNY maupun IPDN dan dilanjutkan presentasi oleh Pustakawan Madya UNY Bapak Sofyan Riyanto, MA yang bertajuk e-Library. Setelah pemaparan selanjutnya dilakukan library visiting yang didampingi beberapa staf Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Semoga dengan diselenggarakannya benchmarkin dan shortcous ini bisa menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan dapat menjadi bagian dari usaha IPDN untuk memajukan Perpustakaannya baik Pusat maupun daerah.


Bedah Buku Pengantar Ekologi Pemerintahan dan SIM Pemerintahan

posted Oct 28, 2013, 11:31 PM by Welly Sanjaya   [ updated Oct 29, 2013, 1:19 AM ]

Dalam rangka mendukung perkuliahan dan menambah wawasan civitas akademika IPDN, Unit Perpustakaan IPDN Kampus Jatinangor bekerja sama dengan IPDN Press menyelenggarakan kegiatan bedah buku karya Prof. Sadu Wasistiono, MS yang berjudul “Pengantar Ekologi Pemerintahan” dan buku karya Dr. Ir. Etin Indrayani, MT dan Dra. Gatiningsih, MT “SIM Pemerintahan”. Acara yang diselenggarakan pada Tanggal 22 Oktober 2013 bertempat di ruang Graha Wyata IPDN ini menghadirkan ketiga narasumber yaitu para penulis buku, selain itu panitia juga mengundang pembedah dari berbagai instansi pendidikan dan pemerintahan diantaranya: Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si (UI), Prof. Dr. Muh Nur Sadik, MPM (LAN RI Jakarta), Mudiyati Rahmatunnisa, MA., PhD (UNPAD), Dwiyanto, SSTP, M.Si (Pemkab Sragen), Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si (Direktur IPDN Sulsel) dan Dr. Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si (Direktur IPDN Sumbar). Acara bedah buku ini juga diikuti oleh seluruh kampus daerah IPDN: Cilandak Jakarta, Bukittinggi, Pekanbaru, Makassar, Manado, Pontianak, Mataram dan Jayapura melalui fasilitas video conference.

Acara bedah buku ini dibuka langsung oleh Bapak Wakil Rektor IPDN Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS. Beliau menyampaikan bahwa acara bedah buku ini merupakan realisasi dari salah satu TUSI perpustakaan yakni mendokumentasikan dan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmu pemerintahan dan penerapanya dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi. Selain itu acara  bedah buku ini juga dapat menjadi salah satu upaya perpustakaan dalam menciptakan budaya ilmiah yang melibatkan banyak pihak antara lain penulis buku, pembedah buku, dosen, praja dan mahasiswa. Melalui acara bedah buku ini diharapkan seluruh peserta dapat mengetahui isi buku secara cepat karena bertemu langsung dengan penulisnya dan dapat mengikuti perkembangan ilmu jika buku tersebut berisikan perkembangan ilmu khususnya ilmu pemerintahan. Bagi penulis buku kegiatan ini juga merupakan jendela untuk dapat melihat bagaimana ahli-ahli lain memahami dan memberikan penilaian terhadap isi buku. Harapan beliau dengan diselenggarakannya acara bedah buku ini semoga dapat memberikan masukan pengetahuan yang baru terhadap perkembangan ilmu pemerintahan demi terbentuknya budaya ilmiah yang subur di bumi IPDN.
 
Setelah pembukaan oleh Bapak Wakil Rektor IPDN, acara dilanjutkan pada sesi pertama bedah buku yaitu buku “Pengantar Ekologi Pemerintahan”. Pada sesi tersebut panita memberikan kesempatan kepada narasumber yaitu penulis buku untuk memaparkan isi bukunya secara global, yang dilanjutkan dengan pembahanan yang disampaikan langsung oleh para pembedah, pada buku ini panitia menghadirkan tiga pembedah diantaranya Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si (UI), Prof. Dr. Muh Nur Sadik, MPM (LAN RI Jakarta) dan Mudiyati Rahmatunnisa, MA., PhD (UNPAD). Pada Sesi kedua buku “SIM Pemerintahan” tidak jauh berbeda dengan sesi pertama, panitia memberikan kesempatan kepada narasumber untuk memaparkan isi bukunya dan dilanjutkan dengan pemaparan para pembedah diantaranya Dwiyanto, SSTP, M.Si (Pemkab Sragen), Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si (Direktur IPDN Sulsel) dan IPDN Sumbar Dr. Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si (Direktur IPDN Sumbar melalui video conference) .

Bedah buku ini sangat menarik karena suasanaya sangat interaktif, diskusi yang sangat hangatpun tercipta ketika banyak sekali pertanyaan serta komentar baik dari para pembedah maupun partisipan baik yang hadir secara langsung maupun yang ada diseluruh kampus daerah yang mengikuti kegiatan melalui video conference. Harapan panitia semoga dengan diselenggarakannya acara bedah buku ini dapat meningkatkan minat baca khususnya seluruh civitas akademika IPDN, dan umumnya kepada lingkungan pendidikan dan pemerintahan yang ikut serta berpartisipasi di acara ini, selain itu panitia juga berharap dengan acara ini budaya ilmiah yang subur di bumi IPDN semakin terbentuk nyata.



Intensive Training on E-Journal Management using Open Journal System

posted Sep 1, 2013, 9:21 PM by Welly Sanjaya   [ updated Sep 1, 2013, 9:25 PM ]

Pada hari Selasa Tanggal 27 Agustus 2013, Tim IPDN Jatinangor yang terdiri dari Unit Perpustakaan, Unit Penjaminan Mutu dan Unit TIK IPDN mengikuti pelatihan “Intensive Training on E-Journal Management using Open Journal System”. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Training Division Bulletin journal UNDIP of Chemical Reaction Engineering and Catalysis (BCREC) ini diperuntukkan bagi Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini bertempat di ruang pertemuan Hotel Grasia Jl. S. Parman No. 29 Semarang Jawa Tengah.

Open Journal System (OJS) adalah platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online yang dikembangkan Public Knowledge Project yang dimulai pada tahun 1998 oleh John Willinsky di Departemen Bahasa dan Pendidikan Literasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, UBC. Public Knowledge Project didedikasikan untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan masyarakat penelitian . Beroperasi melalui kemitraan antara Simon Fraser University, School of Education di Stanford University , University of British Columbia , University of Pittsburgh , Dewan Ontario Universitas Librariesand Perpustakaan Digital California. OJS memungkinkan pengelola jurnal untuk migrasi dari sistem pengelolaan offline menjadi online. Mulai dari sebuah manuscript dikirim oleh penulis, proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal, semuanya bisa dilakukan dengan OJS. Oleh karena itu, di samping hemat karena bersifat paperless, penggunaan OJS juga sangat cocok untuk kondisi di Indonesia yang secara geografis sangat luas.

Pada pelatihan “Intensive Training on E-Journal Management using Open Journal System” Peserta dipandu secara intensif tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan e-journal. Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini dipandu langsung oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi diantaranya Bapak Dr. Istadi, ST., MT. (Editor-in-Chief, Reviewer, dan Kabid Webmaster UPT Puskom), Dr. Heru Susanto, ST., MT. (Reviewer, International Editorial Board), Eko Didik Widianto, ST., MT. (Manajer Teknologi Informasi UPT Puskom). Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System dan mengacu kepada pengelolaan jurnal internasional pada umumnya dan disesuaikan dengan parameter-parameter yang diperlukan oleh Pengindeks Jurnal Internasional bereputasi (Google Scholar, DOAJ, Scopus, Thomson Reuters).

Semoga dengan  keikutsertaannya Tim IPDN Jatinangor di Pelatihan “Intensive Training on E-Journal Management using Open Journal System” ini dapat menambah masukan ilmu tentang pengelolaan jurnal secara online yang dapat diimplementasikan di IPDN, demi meningkatkan kualitas serta eksistensi IPDN baik ke kancah nasional maupun internasional.




Studium Generale "Gaming Activities in the Library" bersama Kelly Czarneki, Teen Sevices Librarian Public Library of Charlotte and Mecklenburg County, North Carolina USA.

posted Jun 20, 2013, 8:52 PM by Welly Sanjaya

Pada hari Kamis Tanggal 20 Juni 2013, Pustakawan Perpustakaan IPDN Jatinangor mengikuti kuliah umum yang bertajuk “Gaming Activities in The Library”. Bertempat di ruangan Oemi Abdurrahman, Gedung Dekanat Lantai 2 Kampus Fikom UNPAD Jatinangor pustakawan IPDN disambut dengan ramah oleh pihak UNPAD. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom UNPAD ini bekerja sama dengan Information Resource Center – Embassy of the United States of America, menghadirkan Kelly Czarnecki, Teen Services Librarian di Public Library of Charlotte and Mecklenburg County, North Carolina.

Acara dimulai dengan laporan yang disampaikan oleh Ketua Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Drs. Wina Erwina, MA dan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Dekan Departemen Ilmu Komunikasi Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. Beliau menyampaikan kebanggaannya atas kehadiran Kelly Czarnecki ke Fikom UNPAD ditengah kesibukannya untuk memberikan materi kepada Universitas lain di Indonesia, biliau juga berharap dengan terselenggarakannya kuliah umum ini para dosen dan pustakawan di Fikom UNPAD mendapatkan referensi baru mengenai konsep pelayanan perpustakaan kepada pengguna, selain itu beliau juga berharap dapat terciptanya kerjasama antara perpustakaan di Indonesia dengan Public Library of Charlotte and Mecklenburg County, North Carolina.

Setelah sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh  Dekan Departemen Ilmu Komunikasi Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kelly Czarnecki. Untuk diketahui hingga saat ini, Kelly bertugas diberbagai Komite ALA (America Library Accociation) termasuk YALSA sebagai Ketua dan Anggota Dewan ALA. Ia adalah seorang Library Journal Mover&Shaker sejak tahun 2007. Ia juga menulis dan mengedit kolom Gaming Life untuk Perpustakaan Sekolah dari tahun 2006 hingga 2012. Selain itu, ia menerbitkan pula banyak artikel diberbagai majalah profesional. Kelly telah menulis satu buku dan sebuah Manual, yakni “Gaming in Libraries” pada tahun 2010 dan “Digital Storytelling in Practice” pada tahun 2009. Ia juga kerapkali tampil diberbagai konferensi internasional. Hingga saat ini Kelly selalu bekerja dengan melibatkan banyak remaja dan masyarakat dalam mengembangkan ide-ide baru untuk menjelajahi aktivitas permainan di perpustakaan.

Semoga dengan  keikutsertaannya pustakawan IPDN Jatinangor di kuliah umum ini dapat menambah masukan ilmu tentang pengelolaan serta layanan perpustakaan, selain itu dengan mengikuti kegiatan ini pustakawan IPDN Jatinangor dapat meningkatkan eksistensi IPDN baik ke kancah nasional maupun internasional.



Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Layanan Dan Informasi Perpustakaan IPDN

posted Jun 3, 2013, 8:21 PM by Welly Sanjaya   [ updated Jun 3, 2013, 8:22 PM ]


Unit Perpustakaan  IPDN Jatinangor telah melaksanakan Kegiatan  “Pemasaran Layanan Dan Informasi Perpustakaan” pada Hari Rabu dan Kamis Tanggal  29 s.d 30 Mei 2013 bertempat di Ruang Baca Lantai II Gedung Perpustakaan IPDN Jatinangor. Acara ini diikuti oleh seluruh Kepala Unit Perpustakaan IPDN kampus kaerah yang meliputi KU Perpustakaan Cilandak Drs. Sukihno, KU Perpustakaan Kuburaya Dr. Frans Dione, M.Si,  KU Perpustakaan Makasar Sudirman, S.Sos, KU Perpustakaan Rokanhilir Dra. Siti Zulaika, M.Si, KU Perpustakaan Bukitinggi Sodari Hani, S.Sos., M.Si, KU Perpustakaan NTB Fanila Kasmita Kusuma, S.STP, KU Perpustakaan Manado Dr.Piet Hein Pusung, S.STP., M.Si dan KU Perpustakaan Papua Vercya Situmorang, S.STP, beserta staf perpustakaan kampus pusat dan daerah, serta para mahasiswa dari UNPAD Jatinangor. Acara dimulai  dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Unit Perpustakaan IPDN Jatinangor, Dra. Gatiningsih, MT.


Acara pembukaan secara resmi oleh Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si. Dalam sambutanya Rektor IPDN memberikan apresiasi atas perkembangan perpustakaan yang sudah dicapai serta mengimbau untuk terus meningkatkan diri karena perpustakaan merupakan elemen  penting di perguruan tinggi, yakni salah satu komponen penilaian dalam akreditasi perguruan tinggi. Sebagai pengelola perpustakaan, kita harus berbangga hati karena pengelola perpustakaan memiliki kelebihan antaralain adanya jabatan fungsional pustakawan yang memiliki keistimewaan dalam kenaikan pangkat dan masa pensiun yang lebih lama jika dibandingkan dengan jabatan fungsional umum. Rektor IPDN mengingatkan bahwa untuk perpustakaan fakultas, pasca sarjana dan program doctor perlu adanya koordinasi dengan perpustakaan pusat (Perpustakaan IPDN Jatinangor) dalam hal jumlah koleksi dan klasifikasi  buku, sehingga ada keseragaman dalam mengolah koleksi pustaka serta ada keseragaman dalam memberikan pelayanan kepada pengguna. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penobatan penghargaan yang diberikan langsung oleh Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si kepada Kepala Unit dari perpustakaan IPDN Bukitinggi yang menjadi perpustakaan IPDN daerah dengan input data buku terbanyak dan Perpustakaan IPDN Makasar yang menjadi perpustakaan IPDN daerah dengan sirkulasi terbanyak.

Pada acara ini panitia mengundang narasumber yang akan membahas lebih dalam tentang pelayanan perpustakaan diantaranya Dra. Wina Erwina, MA dari Universitas Padjadjaran yang akan memaparkan tentang “Layanan Prima”, Dr. Dra. Ninis Agustini, M.Lib dari Universitas Padjadjaran terkait Pemasaran Untuk Perpustakaan, Dadi Hariadi, S.Sos, M.Si perwakilan dari EBSCO yang memaparkan tentang Informasi layanan dan praktek e-book EBSCO, Drs. Hardi Suhardi, M.Si perwakilan dari Proquest yang memaparkan tentang Informasi layanan dan praktek e-journal  Proquest dan Eti Sumiati S.Sos dari perpustakaan IPDN Jatinangor yang memaparkan tentang e-Library IPDN. Setelah pemaparan dari para narasumber acara  ditutup oleh Kepala Unit Perpustakaan IPDN Dra. Gatiningsih, MT. Harapannya setelah kegiatan ini para peserta dapat memahami dan terampil dalam mengakses seluruh layanan perpustakaan dan memasarkannya kepada seluruh sivitas akademika baik di kampus pusat maupun daerah.



Kunjungan Dinas IPDN ke Perpustakaan Universitas Diponegoro

posted May 5, 2013, 7:31 PM by Welly Sanjaya

Pada hari Senin, Selasa dan Rabu tanggal 29 April sd. 1 Mei 2013 tim Perpustakaan IPDN melakukan kunjungan ke kampus Universitas Diponegoro Jalan Prof H, Soedarto, SH Tembalang Semarang. Bertempat di ruang rapat SNMPTN UNDIP lantai 2, gedung Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP), gedung Widya Puraya, Tim IPDN diterima oleh pihak UNDIP. Maksud dan tujuan kunjungan IPDN ke UNDIP secara umum adalah untuk mempelajari model pengelolaan repository, digital library, dan juga e-library yang diterapkan di Kampus UNDIP, hal tersebut dikarenakan perpustakaan UNDIP adalah perpustakaan institusi yang sudah mengembangkan digital library melalui library repository, terbukti portal Repository Undip meraih peringkat terbaik kedua di Indonesia dan ranking 25 dunia sebagaimana dilansir di website Webometrics for Repository baru-baru ini.

Benchmarking yang dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti oleh berbagai unit kerja IPDN yaitu Perpustakaan, Unit TIK, Penjaminan Mutu, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, kerjasama dan Fakultas. Acara bechmarking ini dibuka langsung oleh bapak Pembantu Rektor UNDIP Prof. Dr.dr. Hertanto Wahyu Subagyo. M.S.Sp.GK, beliau mengatakan bahwa Undip sangat senang dalam menerima kunjungan dan benchmarking dari lembaga manapun termasuk IPDN, Kunjungan ini merupakan ajang untuk saling belajar, jadi bukan hanya IPDN yang belajar pada UNDIP tapi ini juga ajang belajar bagi UNDIP. Beliau juga menyampaikan bahwa lulusan UNDIP dididik untuk menjadi lulusan yang complete yakni komunikator, profesional, leader, educator, thinker dan entrepreneur, jadi untuk itu dibutuhkan Proses seleksi dan Proses Pendidikan yang baik. Selain itu juga Perpustakaan, Penjaminan Mutu, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat harus dijalankan dengan baik, di Kampus UNDIP juga masih menerapkan KKN guna menambah pengalaman mahasiswa.
 
Setelah pembukaan dari Bapak Pembantu Rektor UNDIP, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak IPDN yang disampaikan oleh Bapak Pembantu Rektor III IPDN Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH, M.Si, beliau mengatakan bahwa benchmarking ini merupakan program dari IPDN guna meningkatkan kualitas IPDN itu sendiri. Beliau menambahkan bahwa IPDN adalah lembaga kedinasan satu-satunya yang dinaungi oleh Kementerian Dalam Negeri,  tentunya IPDN berharap dapat mendidik kader-kader pemerintahan yang memiliki karakter dan paham tentang pemerintahan yang dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, dan demi meningkatkan kualitas IPDN maka benchmarking ini disilenggarakan.


1-10 of 41