Workshop Calon Pengelola Portal GARUDA DIKTI

Pada hari Senin tanggal 5 Desember 2011 pustakawan IPDN menghadiri undangan Workshop Calon Pengelola Portal GARUDA DIKTI yang diselenggarakan atas kerjasama Universitas Indonesia, Universitas Pasundan dan Forum Pustakawan Perguruan Tinggi Jabar. Workshop ini bertempat di ruangan Laboratorium Teknik Informatika, Gedung C lantai 6, Fakultas Teknik Universitas Pasundan Jl. Setiabudi No. 193 Bandung. Workshop yang diselenggarakan dalam rangka pengembangan konten dan kesinambungan pengelolaan portal Garuda ini, dihadiri oleh para pustakawan dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia diantaranya, ITB, UNISBA, UNJANI, UNPAR, UIN, UPI, IT Telkom, Widyatama, UNIKOM, ITENAS, STIESA, POLBAN, UNPAD, UNPAS, IPDN dan Universitas Presiden. Workshop ini bertujuan untuk mentranfer pengetahuan dan melatih keterampilan peserta didalam penggunaan aplikasi teknologi Portal GARUDA sehingga kontributor atau calon kontributor dapat melakukan upload sendiri content lembaganya ke portal GARUDA.

Perpustakaan merupakan salah satu penyedia informasi yang memiliki akses langsung ke civitas akademika, Perpustakaan dapat mengoptimalkan perannya dengan menyatukan sumber informasi yang ada dan memberikan akses sumber informasi tersebut kepada civitas akademika. Masalahnya mahasiswa dan dosen malas datang ke perpustakaan dan lebih memilih untuk mencari referensi di depan computer (on line), selain itu sumber-sumber di perpustakaan digital lokal masih dirasa kurang untuk menunjang proses pembelajaran dan sumber-sumber informasi yang kaya masih terpisah-pisah, oleh karena itu Dikti menyiasati dengan menciptakan Potal GARUDA.

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, serta karya umum. Portal ini dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti – Kemdiknas RI. Portal Garuda dikti dapat diakses dimanapun melalui alamat http://garuda.dikti.go.id Portal GARUDA adalah salah satu media untuk berbagi, dimana didalamnya bersifat take and give, selain kita bisa mencari bahan pustaka digital yang berasal dari Universitas ternama ataupun independen, kita juga bisa berbagi karya-karya atau tulisan-tulisan apapun dari tempat atau Universitas yang kita bangun.
Workshop ini berlangsung dengan santai tetapi tetap serius, para pustakawan dari berbagai universitas diberi materi dari pihak Dikti dan bisa langsung mempraktekkannya di komputer masing-masing. Ditengah acara Dikti memberi panduan bagi para calon kontributor diantaranya adalah:
1.    Memiliki koleksi-koleksi local atau local collection (artikel jurnal, skripsi, tesis, disertasi, pidato pengukuhan, Laporan penelitian, dan lainnya) yang merupakan karya sivitas akademika setempat dalam format digital dan accessible  (bolehdiaksesolehpihak lain)
2.    Mengisi form kesediaan menjadi kontributor (terlampir)
3.    Mengirim alamat e-mail dan nama penanggung jawab pengelola koleksi local yang disetujui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi untuk menjadi PIC kontributorGARUDA.
4.    Tim Manajemen GARUDA akan mengirim account id dan password bagi PIC Kontributor GARUDA tersebut supaya dapat masuk kesistem BO (Back Office) GARUDA
5.    PIC masuk kesistem Garuda melalui http://jurnal.dikti.go.id/input.

Setelah pemberian materi Workshop dilanjutkan dengan tanya jawab yang hangat, para peserta diberi kesempatan untuk menanyakan pertanyaan kepada pihak Dikti, selain itu peserta juga bisa bersilaturahmi, berbagi, dan mensosialisasikan apa yang mereka miliki di Perguruan tinggi masing-masing. Pustakawan IPDN diberi kesempatan untuk mensosialisasikan web jurnal yang dibuat oleh Tim UPTIK dan admin web Perpustakaan IPDN yang dapat diakses dialamat http://jurnal.ipdn.ac.id dimana web tersebut berisikan tentang tulisan-tulisan civitas akademika IPDN yang patut diperlihatkan kepada Universitas ternama lainnya.

Dipenghujung acara pihak Dikti menyampaikan harapannya semoga Portal GARUDA dapat menjadi Portal induk online pertama di Indonesia, dimana kontributornya berasal dari Universitas ternama diseluruh Indonesia. Dari pihak pustakawan IPDN berharap dengan bergabungnya pustakawan IPDN menjadi kontributor portal GARUDA semoga karya-karya Civitas Akademika IPDN dapat dinikmati oleh semua khalayak, dan semoga pimpinan di setiap Universitas bisa lebih memperhatikan karya tulisan dosen-dosenya serta para pengurus karya tersebut demi kemajuan bersama.

Last  update : Admin (13-12-2010)

Blog Attachment

Leave us a Comment