Pertemuan Rutin IV Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi

Pada hari Senin tanggal 5 Desember 2011 pustakawan IPDN dan 3 orang staf perpustakaan menghadiri Pertemuan Rutin IV Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Seminar dengan Tema “Membangun Kepemimpinan yang Berkualitas dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Pustakawan” yang dilaksanakan atas kerjasama Universitas Pasundan dengan FPPT Jabar. Pertemuan ini bertempat di Aula Jalak Harupat Kampus Unpas Setiabudi  Jl. Dr. Setiabudhi No. 193 Bandung.
Materi yang disajikan pada pertemuan ini adalah mengenai Kepemimpinan yang Berkualitas yang disajikan oleh Bapak Iwan Satibi (Staf pengajar pada FISIP dan Pascasarjana Universitas Pasundan). Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Universitas Pasundan, Hilman Firmansyah, juga selaku tuan rumah dari kegiatan pertemuan dan seminar rutin yang menyatakan bahwa peserta yang hadir sekitar 100 peserta datang dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Barat yang sebagian besar merupakan anggota FPPT Jabar. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua FPPT Jabar  Drs. Arief Dj. Tresnawan. Beliau mengatakan bahwa ada dua hal hambatan dalam organisasi di perpustakaan yang pertama adalah faktor eksternal dan faktor internal yang kedua adalah hubungan antara atasan dan bawahan. Pada pertemuan tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor II selaku wakil dari Rektor Universitas Pasundan, Dr. T. Subarsyah, SH, S.Sos pada sambutannya menyatakan bahwa kepemimpinan di perpustakaan adalah sebagai  guru.  Ada dua hal kepemimpinan yaitu Leadership by example dan Leadership by comparative.

Pada materi kepemimpinan berkualitas ini dijelaskan esensi dan urgensi kepemimpinan pustakawan di antaranya adalah yang pertama pemimpin harus mampu mempengaruhi pihak lain, yang kedua seorang pemimpin harus mampu mengarahkan para bawahan pada saat melaksanakan tugas dan pekerjaanya, yang ketiga seorang pemimpin harus mampu memberikan motivasi kepada bawahan. Pemateri juga menjelaskan bahwa seharusnya pustakawan tidak hanya bersentuhan dengan tugas-tugas yang bersifat administratif tetapi ada juga medan pengabdian lain yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Selanjutnya materi ini juga menjelaskan aspek-aspek leadership pustakawan dalam menjalankan tugasnya, karakteristik kepemimpinan pustakawan yang berkualitas dan implikasi pada peningkatan kinerja pustakawan.
Materi yang disajikan sangat berguna dengan adanya seminar dan forum FPPT  ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja baik secara pribadi maupun sebagai pustakawan dan staf perpustakaan dengan dapat memanifestasikan kualitas kepemimpinan pustakawan melalui tindakan nyata.
Last  update : Admin (13-12-2010)

Blog Attachment

Leave us a Comment