Pertemuan Rutin II FPPT Jawa Barat

Pada hari Kamis tanggal 28 April 2011, pustakawan dan dua orang staf perpustakaan menghadiri pertemuan rutin II FPPT Jawa Barat yang bertempat di Learning Centre Lantai 2 Kampus IT Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung. Pertemuan ini bertema “Melalui Literasi Informasi Kita Tingkatkan Kompetensi Pustakawan”.

Dalam pertemuan ini disajikan materi mengenai Literasi Informasi dalam Meningkatkan Kompetensi Pustakawan” yang disampaikan oleh Dra. Wina Erwina, M.Sc (Staf Pengajar FIKOM Unpad). Dalam membahas Literasi Informasi, penyaji menekankan beberapa poin penting di antaranya bahwa dengan memiliki literasi informasi, seorang pustakawan dapat membantu mengurangi plagiarisme karena informasi digunakan secara efektif, efisien, etis, dan legal. Dengan memiliki literasi informasi juga dapat meningkatkan profesionalisme SDM.

Penyaji juga menekankan pentingnya peran pustakawan dalam menghindari plagiarisme di universitas dengan cara melakukan deteksi dini terhadap hasil karya mahasiswa dengan cara mengecek daftar pustaka dan membandingkannya dengan kutipan-kutipan yang ada di tulisan sebelum menyimpannya di rak dan mempublikasikannya di digilib. Selain itu, beliau mengimbau untuk menarik minat pengunjung perpustakaan khususnya kalangan dosen, di perpustakaan hendaknya dibuat ruang baca khusus dosen yang dilengkapi dengan koleksi-koleksi textbook terbaru supaya dosen merasa nyaman berada di perpustakaan dan terjaga privasinya seandainya mereka sedang membuat soal-soal ujian atau memeriksa tugas-tugas mahasiswa.

Setelah memaparkan materinya, penyaji juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan pertanyaan. Beberapa penanya tertarik dengan topik plagiarisme dan kebijakan perpustakaan untuk mengatasi hal tersebut. Acara seminar ini ditutup dengan musyawarah untuk menentukan tema, materi, dan penyelenggara pertemuan berikutnya yang akan berlangsung bulan Juli 2011.
Last  update : Admin (13-12-2010)

Blog Attachment

Leave us a Comment