PERTEMUAN ILMIAH III & SEMINAR FPPT WILAYAH JAWA BARAT

Pertemuan Ilmiah III & Seminar FPPT Wilayah Jawa Barat ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 September 2011 di Aula Gedung Rektorat Lantai 2 Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pertemuan kali ini mengambil tema “Through SOP and e-Journal, Let’s Promote and Build the Knowledge Science and Technology in response to the Global Challenges”. Perpustakaan IPDN Jatinangor sebagai anggota aktif FPPT Wilayah Jawa Barat mengirimkan satu orang pustakawan dan satu orang staf perpustakaan untuk mengikuti acara tersebut.

Dalam pertemuan ini ada dua materi yang disajikan yaitu pertama, “Pelatihan Membuat SOP Perpustakaan” yang disajikan oleh Dra. Helmi Purwanti (Pustakawan Politeknik Negeri Bandung) dan yang kedua, “Penelusuran Informasi Ilmiah melalui e-Journal di Perguruan Tinggi” dengan penyaji Drs. Mahmudin, SIP (Kepala UPT Perpustakaan ITB).

Pada materi pembuatan SOP dijelaskan mengenai apa itu SOP, tujuan SOP di perpustakaan, manfaat SOP, fungsi SOP, langkah-langkah pembuatan SOP, proses penyusunan SOP, sistematika penyusunan SOP di perpustakaan, monitoring, dan cara mengevaluasi SOP. Selanjutnya para peserta seminar diminta berkelompok untuk latihan membuat SOP. Setelah berdiskusi dan latihan, para peserta diminta mempresentasikan hasil diskusinya. Apabila ada kesalahan langsung dikoreksi oleh pemateri.
Materi yang disajikan sangat menarik, hanya saja waktu untuk latihan terlalu singkat. Sebaiknya untuk materi yang bersifat teknis, pekatihan diberikan secara intensif guna meningkatkan kinerja pustakawan.
Last  update : Admin (13-12-2010)

Blog Attachment

Leave us a Comment