Acara Bedah Buku Administrasi Kependudukan Berbasis Registrasi

Pada Tanggal 22 Oktober 2011 Perpustakaan IPDN Jatinangor bekerjasama dengan dinas pendidikan abdi praja IPDN mengadakan kegiatan bedah buku yang berjudul “Administrasi Kependudukan Berbasis Registrasi”. Sehubungan dengan adanya Jurusan D4 Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil maka buku yang ditulis oleh Dr. Ir. Hj. Triyuni Soemartono, MM dan Hendrastuti, SH., MM layak menjadi sandaran referensi dan acuan untuk memahami masalah di seputar administrasi kependudukan yang telah dituangkan pengaturannya dalam UU No.23 Tahun 2006. Acara yang bertempat di gedung MAPD IPDN Jatinangor ini dihadiri oleh para dosen IPDN, seluruh wasana praja jurusan Administrasi kependudukan dan catatan sipil, perwakilan wasana praja dari setiap jurusan, serta penulis buku yaitu Dr. Ir. Hj. Triyuni Soemartono, MM dan Hendrastuti, SH. MM sebagai narasumber.

Acara Bedah Buku ini dibuka langsung oleh Kepala unit perpustakaan Dra. Gatiningsih, MT beliau berbicara bahwa bedah buku merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan perpustakaan, sesuai dengan visi perpustakaan yaitu sebagai pusat pengelola dan penyebar informasi  dalam mendukung kegiatan pengajaran, penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan ilmu pemerintahan.  Disamping itu kegiatan bedah buku juga bertujuan untuk memupuk budaya ilmiah, dengan bedah buku dapat melatih berfikir kritis kepada civitas academika  serta dapat secara langsung memahami isi buku karena dapat bertemu langsung dengan penulis buku.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan langsung oleh Dr.Ir. Hj. Triyuni Soemartono, MM. Pada sesi pertama beliau menjelaskan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal 26 ayat (3): bahwa hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan Undang-Undang. Makna pasal tersebut diatas begitu jelas dan terarah karena pasal tersebut memberikan landasan yang kokoh dan payung hukum dalam pembangunan dibidang Administrasi Kependudukan, selain penjelasan tentang jurus-jurus jitu, beliau juga memaparkan kendala dan cara mengatasi kendala mengenai administrasi kependudukan melalui penjelasan dan contoh bagan tatacaranya.

Setelah penyampaian materi oleh Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM materi dilanjutkan oleh penulis kedua yaitu Sri Hendrastuti, SH, MM. Beliau menjelaskan tentang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) melalui penjelasan dan tabel tata cara atau langkah-langkah pendaftaran serta pengelolaannya. Selain itu berlandaskan pada Undang-undang no 23 pasal 89 sd pasal 92 Tahun 2006 beliau juga menerangkan tentang sanksi-sanksi administratif dan ketentuan pidana dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan yang akan dikenakan apabila ada pelanggaran.

Setalah materi tersampaikan acara bedah buku dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara pemateri, dosen IPDN dan praja yang telah hadir sebagai peserta. Perpustakaan IPDN berharap dengan adanya acara bedah buku ini semoga dapat memberi masukan atau ide-ide baru mengenai administrasi kependudukan berbasis registrasi baik bagi dosen IPDN yang berperan sebagai pengajar dan praja IPDN sebagai pelajar.

Last  update : Admin (13-12-2010)

Blog Attachment

Leave us a Comment